Pengertian, definisi dan maksud Startup





Apa itu startup ??? 


      Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini termasuk saya, namun setelah membaca beberapa artikel tentang pengertian startup , saya tulis kembali pada artikel kali ini. mungkin dapat sedikit membantu anda dalam memahami arti startup itu sendiri.



       Menurut wikipedia bahasa Indonesia, startup artinya perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Lebih lanjut lagi wiki menjelaskan bahwa Perusahaan-perusahaan tersebut sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

     Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, sebagai inovasi dalam proses pembangunan, validasi dan penelitian untuk target pasar. Istilah startup menjadi populer secara internasional diawali dengan domain dot-com ketika sejumlah besar perusahaan berbasis online dengan website berdomain dot-com didirikan. Karena latar belakang ini, banyak yang menganggap startup merupakan perusahaan teknologi, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena esensi startups lebih berkaitan dengan ambisi tinggi, inovasi, skalabilitas, dan pertumbuhan.


      Jika kita perhatikan lagi, kata startup dan perkembangannya makin menjadi saat facebook hadir ditengah masyarakat dalam menggunakan social media, seiring waktu facebook telah menjadi perusahaan raksasa, sehingga tak heran menjadi salah satu contoh terbaik dalam mendirikan startup yang kini terus tumbuh diberbagai belahan dunia melalui tangan kreatif generasi muda yang tak lepas dari internet atau kita kenal generasi Y dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat perusahaan pemula.

     Seperti halnya saat ini yang sedang marak di Indonesia perusahaan aplikasi mobile Go-Jek, atau marketplace Bukalapak, Tokopedia, serta perusahaan berbasis web layaknya Kaskus adalah contoh sukses perusahaan pemula yang terus berinovasi menjadi perusahaan raksasa di Indonesia.

     "Setiap startup tentu memiliki ide, konsep serta cara yang berbeda dalam mengembangkan perusahaannya, namun umumnya mengikuti beberapa tahap yang terorganisir dengan baik untuk berkembang pesat."

    Pengertian startup dari wiki juga sejalan dengan pengertian startup yang saya dapatkan dari buku terbitan KOMPAS dengan judul “Startup, Indonesia!” (Inspirasi dan Pelajaran dari Para Pendiri Bisnis Digital), bahwa startup adalah perusahaan baru atau rintisan. Perusahaan ini masih berusia muda dan umumnya masih membutuhkan banyak proses R& D (Research and development) untuk mencari ceruk pasar dan target konsumennya. Startup umumnya memiliki biaya produksi yang rendah, risiko yang tinggi, serta potensi bisnis yang menarik. Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.


sekian artikel tentang pengertian start-up, semoga dapat membantu anda dalam memahami istilah startup.


Referensi Dari :ngakustartup.com, www.it-jurnal.com, dan 4muda.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian, definisi dan maksud Startup"

  1. Tritanium Trimmer As Seen on TV - TITACIA - TITACIA
    As titanium jewelry for piercings seen titanium dioxide sunscreen on TV, titanium jewelry Tritanium Trimmer As Seen on TV: TITACIA, based in joico titanium Australia, is in fact a remmington titanium brand new

    BalasHapus